Perbandingan Penggunaan Operating System


Perbandingan Penggunaan Operating System

sumber : segala sumber di internet (banyak bgt ~_~)

Pada kesempatan ini saya ingin membahas perbandingan penggunaan OS (Operating System) di masyarakat, Dulu hampir 60% pengguna komputer di dunia menggunakan windows sebagai operating system, namun seiring berkembangnya tekhnologi muncul lah pesaing – pesaing, di antaranya Macintosh dan Linux. Persaingan ini bisa dilihat melalui grafik ini

Dari gambar ini kita dapat menyimpulkan bahwa windows sudah tidak lagi mendominasi penggunaan operating system di dunia. Bahkan pengguna Linux sudah hampir sebanyak pengguna windows pada saaat ini.

Dalam pembahasan kali ini saya juga ingin membuat perbandingan antara windows vs linux, saya akan membahas sedikit aplikasi yg ada pada Linux yang memiliki kegunaan hampir serupa pada windows.

Buat anda yg mungkin belum tahu apa itu, Linux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Yang pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinski yaitu Linus Torvalds. Tidak seperti windows yg di komersilkan, Linux benar – benar berbasis opensource atau gratis.

Open Office Vs Microsoft Office

OpenOffice.org adalah aplikasi perkantoran yang kini banyak digunakan oleh perusahaan baik di Indonesia maupun negara lainnya, hal ini dikarenakan aplikasi perkantoran ini mempunyai kemampuan multiplatform dan dapat digunakan dibanyak Sistem Operasi baik itu Microsoft Windows, Linux maupun Macintosh. Selain itu OpenOffice.org menggunakan basis Open Source sebagai basis pengembangannya membuat aplikasi ini cepat berkembang dan gratis.

Pada saat ini OpenOffice.org telah mencapai versi 2.0 dimana kemampuan yang dimilikinya sudah sangat jauh berbeda dengan versi-versi sebelumnya termasuk kemampuannya untuk memanfaatkan teknologi OpenDocument (odt) yaitu teknologi yang membuat dokumen dapat digunakan secara bersama-sama tidak saja berbeda sistem operasi, melainkan berbeda gadget/alat seperti Personal Computer, Personal Digital Assistant, Smartphone dan lain-lain.

Dengan banyaknya kemampuan yang dimilikinya OpenOffice.org ini, maka OpenOffice.org sangat tepat dipelajari dan dijadikan aplikasi perkantoran andalan anda dimasa depan.

Kelebihan utama yg dimiliki OpenOffice adalah free, pengguna dapat mendownload aplikasi ini dengan gratis tanpa harus membeli, berbeda dengan Microsoft Office apabila digunakan secara resmi harus ada lisensi. Selain itu Open office memiliki kelebihan aplikasi yaitu math dan draw, math dapat digunakan untuk mempermudah penulisan rumus sedangkan draw yang lebih spesifikasi pada aplikasi yang digunakan untuk menggambar, kelebihan lainnya adalah multiplatform dan dapat membaca file office Linux dan Windows.

beberapa perbedaan nama aplikasi pada open office:

  • Pada Microsoft Office untuk pengeditan text bernama Ms Word, sedangkan pada Open Office bernama Writer
  • Pada Ms aplikasi yang digunakan untuk presentasi bernama Power Point, sedangkan pada Open Office bernama Impress
  • Pada Ms aplikasi yang digunakan untuk perhitungan data excel,sedangkan pada Open Office bernama Calc

berikut tampilan dari aplikasi pada open office

Open Office Writer Open Office Calc


Hal – hal yang harus diperhatikan

Sekilas tampak sederhana berpindah aplikasi dari Microsoft Office ke Open Office. Mengingat fitur-fitur standar yang ada pada Microsoft Office sudah ada pada Open Office, meskipun ada beberapa perbedaan namun sebenarnya perbedaan tersebut dapat dipelajari.

Ternyata pelaksanaan migrasi dari Microsoft Office ke Open Office lebih susah daripada migrasi system operasi itu sendiri (migrasi dari Windows ke Linux). Hal ini disebabkan ketakutan user pertama kali ketika menggunakan Open Office. Takut data tidak terbaca/kacau, takut kesulitan, dan takut harus belajar lagi dari Nol, yang akan berefek pada tingkat produktivitas dan mendapat ’semprotan’ dari atasan karena tidak dapat mencetak data segera (sak det sak nyet)

Memang ketika migrasi menggunakan Open Office akan ada beberapa data dari Microsoft Office yang terlihat kacau sehingga mau tidak mau user harus melakukan editing ulang. Kekacauan tersebut terjadi karena;

  1. Perbedaan jenis font, hal ini dapat diatasi dengan memasukkan font-font Microsoft Office ke system Linux, solusinya dengan menambahkan font windows pada system.
  2. Tabel dan gambar, penanganan gambar dan tabel pada Microsoft Office dan OpenOffice memang berbeda. Kemungkinan ketika membuka dokumen doc yang mengandung tabel dan gambar akan terlihat sedikit berantakan di Open Office. Tapi dengan meluangkan sedikit waktu, sebenarnya kita dapat memperbaiki dokumen-dokumen tersebut dan menyimpannya dalam format OpenOffice
  3. Menu dan interface yang berbeda. Open Office dan Microsoft Office memiliki perbedaan mendasar pada peletakan menu-menunya. Bagi pengguna yang sudah sangat familiar dengan Ms.Office tentu akan merasa tidak nyaman dengan perubahan tersebut. Dalam hal ini sangat bergantung dengan kemauan (willingnes) dari pengguna untuk mempelajari dan beradaptasi dengan perubahan
  4. Mail Merge, sangat berbeda antara Microsoft Office dan Open Office. Dokumen mail merge dari Microsoft Office sendiri tidak dapat dibaca oleh Open Office, oleh karena itu pengguna harus membuat ulang dokumen mail merge tersebut. Namun apabila pengguna telah terampil, penggunaan mail merge pada Open Office jauh lebih fleksibel dan mudah daripada menggunakan mail merge dengan Microsoft Office

Masih banyak kendala-kendala lainnya yang dirasakan ketika pengguna bermigrasi menggunakan Open Office, seperti perbedaan printing, membuat file presentasi, dan pengolahan data dengan spreadsheet. Oleh karena itu, diperlukan support yang solid untuk mengatasi kendala yang muncul ketika pengguna menggunakan Open Office. Sedangkan dari sisi pengguna sendiri, mereka harus memiliki kesadaran yang tinggi dan memiliki kemauan yang kuat meluangkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan OpenOffice.

Bagaimanapun, tidak ada satupun software yang sempurna dan paling baik. Tapi jika ada yang lebih efektif dan tidak merugikan siapapun (bukan bajakan), kenapa tidak ??

Stop Piracy!

Best Regard, (kabelmerah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s